PERSIAPAN VERIFIKASI NASIONAL FORUM KOTA SEHAT KOTA MOJOKERTO LAKUKAN EVALUASI

Lolos verifikasi tingkat provinsi, tidak menjadikan Forum Kota Sehat (FKS) Kota Mojokerto berpuas diri. Namun terus melakukan peningkatan-peningkatan baik kinerja dalam penyusunan kelembagaan maupun persiapan di lapangan. Salah satu langkah konkrit dalam peningkatan kinerja ini ialah dilaksanakannya evaluasi hasil verifikasi lapangan yang diselenggarakan di gedung pertemuan Dinas Kesehatan, Jalan Pahlawan, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (27/11/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota FKS tingkat kota, FKKS tingkat Kecamatan dan seluruh pokja Kota Sehat tingkat Kelurahan. Selain untuk mengomunikasikan hal-hal prinsip, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengevaluasi hasil verifikasi lapangan yang dilakukan oleh pembina tingkat Provinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Ketua FKS Kota Mojokerto, Riani, menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki. Salah satunya ialah, data kelembagaan dan sinkronisasi antara indikator yang telah ditetapkan dengan kondisi di daerah masing-masing.

“Ada indikator yang tidak sinkron dengan kondisi daerah, khususnya di Kota Mojokerto. Contohnya salah satu indikator daerah terpencil , padahal di Kota Mojokerto tidak ada daerah terpencil. Setelah dikonsultasikan dengan kementerian Kesehatan di Jakarta untuk beberapa indikator akan ditinjau kembali” kata Riani. Mengingat kondisi daerah Kab/kota tidak bisa disamakan. Dari 9 tatanan, ada 3 tatanan yang tidak bisa dilaksanakan di Kota Mojokerto yaitu kawasan pertambangan, Kawasan Hutan sehat dan kawasan pariwiisata.

Selain itu, lanjutnya, diharapkan seluruh FKKS dan Pokja untuk lebih tertib lagi dalam hal administrasi kelembagaan. Karena hal ini sangat penting, apapun kegiatan yang dilakukan oleh FKKS dan pokja harus bisa terbaca lebih dahulu melalu administrasi kelembagaan tersebut.

“Untuk itu, semua pokja wajib melampirkan dokumentasi setiap kegiatan, lalu melengkapi administrasi terkait SK, SE, maupun Perda sebagai pendukung untuk melengkapi skoring verifikasi,” pungkasnya. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi untuk menentukan langkah-langkah yang akan diambil guna persiapan menjelang verifikasi tingkat nasional yang akan dilaksanakan tahun depan

“Untuk itu, semua pokja wajib melampirkan dokumentasi setiap kegiatan, lalu melengkapi administrasi terkait SK, SE, maupun Perda sebagai pendukung untuk melengkapi skoring verifikasi,” pungkasnya. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi untuk menentukan langkah-langkah yang akan diambil guna persiapan menjelang verifikasi tingkat nasional yang akan dilaksanakan tahun depan (Sumber : GEMA MEDIA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *