Mau Operasi Sedot Lemak Pipi? Ini Efek Sampingnya dan Kisaran Harganya

Operasi sedot lemak pipi akhir-akhir ini memang cukup familiar di telinga kota. Banyak yang memiliki pipi tembem melakukan operasi ini agar tampil lebih percaya diri.

Namun sebenarnya, ada prosedur dan risiko operasi sedot lemak pipi yang harus dipahami oleh masyarakat yang ingin melakukan tindakan medis operasi sedot lemak yang biasa dilakukan di area wajah yang secara medis disebut dengan facial liposuction.

Mengutip hellosehat.com, dalam melakukan operasi sedot lemak di pipi, biasanya dokter menggunakan alat khusus berbentuk tabung yang dinamakan kanula dengan ujung yang tumpul. Kanula inilah yang dipakai untuk menyedot dan menampung lemak dari wajah.

Sedot lemak ini termasuk bentuk operasi, namun tidak akan dibius secara total dan hanya dibius atau anestesi lokal di area yang akan dikerjakan sudah cukup membantu untuk menghilangkan rasa sakit. Jadi saat kegiatan berlangsung pasien dalam kondisi sadar sepenuhnya.

Sementara mengenai syarat operasi sedot lemak pipi ini diantaranya usia pasien harus di atas 17 tahun, jumlah lemak mencukupi dan pasien dalam kondisi sehat.

Dalam operasi sedot lemak pipi ini juga memiliki beberapa efek samping yang mungkin akan dialami, yaitu timbulnya lebam dan bengkak, kerusakan jaringan saraf di wajah serta adanya bekas luka akibat lubang belas masuk kanula yang dipakai menyedot lemak pipi.

Sementara mengenai berapa biaya yang dibutuhkan untuk operasi sedot lemak diperkirakan mencapai Rp 20 hingga 50 juta rupiah.(zac)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *