Fakta, WHO Nyatakan Sosis Bisa Sebabkan Kanker, Ini Sarannya

Sosis adalah salah satu makanan olahan yang disukai banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun sayangnya Sosis banyak mengandung garam, gula hingga lemak yang berlebihan yang berpotensi menimbulkan kanker. Apakah sosis pemicu kanker hoax?

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merilis laporan yang menyatakan, mengonsumsi daging olahan yang mengandung karsinogen bisa menyebabkan kanker.

Mengutip doktersehat.com, Sosis termasuk daging olahan yang diproses melalui pengasapan dan penggaraman, sebagian besar mengandung zat karsinogen. Bahkan sebagian ditambah zat pengawet.

Bahkan, The International Agency for Research on Cancer (IARC) agen kanker dari WHO memasukan sosis, bacon, dan ham ke dalam kelompok makanan dengan karsinogen alias berpotensi menjadi pemicu kanker.

Temuan IARC tersebut didapat setelah melibatkan 800 penelitian di sejumlah negara. Peneliti IARC menemukan bahwa jika Anda mengonsumsi 50 gram daging olahan setiap hari, hal itu meningkatkan akibat risiko kanker kolorektal sebesar 18%. Di mana hal itu setara dengan 1 hot dog.

Penelitian itu juga menemukan fakta bahwa 34.000 kematian yang dipicu oleh kanker ternyata disebabkan oleh konsumsi daging olahan seperti sosis, hot dog, dan lain-lain.

Pada akhirnya, laporan WHO ini menegaskan bahwa daging merah ‘bisa bersifat karsinogenik’ namun temuan lain juga mengungkapkan manfaat dari dari daging merah. Akhirnya WHO menyarankan boleh mengkonsumsi sosis asal tidak berlebihan.(zac)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *