PSN TERINTEGRASI DI KELURAHAN BLOOTO

Hasil PSN terintegrasi di Kelurahan Blooto Jumat lalu banyak ditemukan kasus penderita TBC bagi warga setempat. Dari sejumlah rumah yang dikunjungi sedikitnya ada 3 ( tiga ) orang penderita TBC dan 1 ( satu ) positif jentik. Selain itu juga dilaporkan oleh Lurah Blooto ada warga penderita diabetes mellitus ( kencing manis ). Kemudian juga ada anak anak yang sakit akibat kecelakaan. Melihat kondisi ini, Walikota Mojokerto KH. Masud Yunus merasa prihatin, sebab pada dasarnya TBC itu disebabkan oleh bakteri E.Colli karena lingkungan yang kotor. Dari beberapa rumah yang dikunjungi oleh Walikota dan tim ( Pimpinan OPD ) masih banyak yang amburadul dan semrawut. Hal ini dimungkinkan kesibukan mereka dalam mengembangkan usaha home industry menjadi satu di permukiman penduduk, seperti halnya pengrajin sepatu.

Bagi warga yang memiliki usaha sepatu, sebaiknya menggunakan alat pelindung diri ( APD ) misalkan masker. Sebab lem yang digunakan untuk membuat sepatu itu mengandung bau yang bisa mengganggu pernafasan. Oleh karena itu, diharapkan warga Blooto meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS ). Namun demikian, Walikota merasa bangga melihat perkembangan kelurahan Blooto yang terus maju dan berkembang.

Masalah hasil sampah, cuci sampah rumah, Walikota yang didampingi Pimpinan OPD yang hadir, menyaksikan penimbangan sampah kering bersama bank sampah Bina Putra 2 Kelurahan Blooto, Disampaikan oleh Lurah Blooto bahwa bank sampah Bina Putra 2 adalah bank sampah yang dikelola oleh anak anak karang taruna.

Jumlah bank sampah di Kelurahan Blooto sementara ini ada 4 ( empat ). Bank Sampah Mawar, Bina Putra 2, Rukun Mulyo dan Banjar. Semuanya telah melakukan kegiatan pengelolaan sampah dengan system 3 R ( reduce, Reuse dan Recycle ).

Untuk perbaikan lingkungan kedepan, Walikota berpesan agar menerapkan program kampung bersih, teduh, indah dan aman ( KASIH SETIA ). Dengan dana Rp. 50 juta / RW sebaiknya dimanfaatkan semaksimal mungkin agar dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sehingga menjadikan Kota Mojokerto yang bersih sehat teduh indah dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *